Blog Archive

Template Information

No one has ever become poor by giving, Please Donate

Popular Posts

Site Links

About

Follow on Facebook

Blogger templates

Popular Posts

My Services

Trading Dengan Pola Segitiga Menurun



Pola chart segitiga menurun (descending triangle) adalah kebalikan dari ascending triangle, dan bisa digunakan untuk mengidentifikasi setup dengan potensi breakout. Pola ini terbentuk bila garis trend dan garis support horisontal bertemu. Pada artikel ini dicontohkan terjadinya breakout dari pola segitiga menurun sebagai sinyal dari kondisi downtrend yang berlanjut.
                                     
Pola segitiga menurun menunjukkan keadaan konsolidasi yang terdiri dari titik-titik swing high yang terdorong ke arah bawah oleh garis downtrend dan bertemu dengan garis support horisontal yang terdiri dari titik-titik swing low. Arah pergerakan harga sebelumnya adalah downtrend. Trader dengan posisi buy bertahan pada belinya, sedang trader dengan posisi sell berusaha untuk mendorong harga ke level yang lebih rendah hingga membentuk level-level lower high.

Ketika harga seller telah mendekati harga buyer, maka pergerakan harga segera break pada level support yang dipertahankan buyer, dan meneruskan arah downtrend yang telah terjadi sebelumnya. Dalam prosesnya, jumlah trader dengan posisi sell terus bertambah seiring dengan sentimen pasar yang sedang bearish, sementara trader dengan posisi buy. Baik pola ascending triangle maupun pola descending triangle sering disebut dengan pola segitiga karena bentuknya yang sama dengan geometri segitiga.
Biasanya pola segitiga menurun terbentuk sebagai akibat ambil untung (profit taking) oleh seller yang bertemu dengan para buyer yang masuk. Tetapi tekanan beli cenderung tetap seperti terlihat pada garis horisontal yang terbentuk, dan tidak terbentuknya titik-titik higher low. Rilis berita atau data fundamental penting bisa merupakan pendorong untuk terjadinya break pada arah downtrend.

Sebagai contoh berikut formasi pola segitiga menurun pada pasangan AUD/JPY 4-hour yang diambil pada 12 Nopember 2013 lalu:



Pada gambar diatas terlihat pergerakan harga yang menghubungkan swing high pada tanggal 6 Nopember di level 94.15 ke level swing high 93.05 yang terjadi pada tanggal 12 Nopember. Level ini lebih rendah dari swing high yang terjadi pada tanggal 10 di 93.19. Hal ini menunjukkan kekuatan downtrend. Selain itu pergerakan harga pada area segitiga tersebut berada dibawah garis indikator simple moving average (sma)-200, yang lebih mendukung kekuatan bearish.

Entry sell bisa dilakukan pada level harga penutupan dibawah level support, yang menunjukkan telah terjadi breakout. Stop loss bisa ditentukan pada level pertengahan segitiga di sekitar level diatas 93.00 dan sma-200. Target profit ditentukan pada level low tanggal 2 Oktober. Probabilitas breakout pola segitiga menurun cukup besar, sehingga risk/reward ratio bisa memadai. 

Contact Me