Blog Archive

Template Information

No one has ever become poor by giving, Please Donate

Popular Posts

Site Links

About

Follow on Facebook

Blogger templates

Popular Posts

My Services

Pasar Waspadai Kebijakan BOE Dan ECB Hari Ini


6 FEB 2014

Hari Kamis (06/02) malam nanti, di sesi Eropa dua bank penting dunia yaitu Bank Sentral Inggris (BOE) dan Bank Sentral Eropa (ECB) akan menggelar pertemuan kebijakan moneter yang akan menghasilkan keputusan yang tentunya akan sangat krusial bagi pergerakan mata uang. Apa saja yang dapat diekspektasikan dari pertemuan tersebut? Pair apa aja yang perlu diwaspadai?
carney_draghi

Bank Sentral Inggris (BOE)
Review Bulan Lalu
Pada bulan lalu Komite Kebijakan Moneter BOE atau yang dikenal dengan MPC, telah memutuskan untuktidak melakukan perubahan pada tingkat suku bunga acuannya pada kisaran 0.50% dan anggaran pembelian aset sejumlah 375 M Poundsterling. Sehingga, pihak MPC tak perlu mengeluarkan pernyataan apapun terkait hal tersebut. Akan tetapi Gubernur BOE, Mark Carney, sempat menyebabkan sedikit sentakan di pasar akibat pernyataannya di Forum Ekonomi Dunia di Davos, yang mengimplikasikan bahwa BOE masih bersikeras untuk tak akan menaikkan tingkat suku bunga walaupun tingkat pengangguran Inggris hampir mencapai ambang 7%.

Ekspektasi Bulan Ini
Dari pernyataan Carney tersebut, pelaku pasar akhirnya memperkirakan bahwa BOE memang akan melakukan penyesuaian dengan memasukkan kisaran yang lebih luas dalam pedoman langkah ke depan mereka, khususnya tentang keterkaitan terhadap indikator tingkat pengangguran. Mungkin sebenarnya, BOE hanya ingin menyampaikan bahwa suku bunga tak akan dinaikkan dalam waktu dekat. Akan tetapi, jika tak ada pernyataan yang secara eksplisit menyebutkan hal tersebut, maka para trader hendaknya juga perlu menunggu laporan inflasi yang akan diumumkan oleh Carney pada 12 Februari minggu depan.

Fokus Pair: GBP/USD
Poundsterling saat ini sedang menguji area support resisten sesuai dengan trendline dan zona support SMA 100. Pernyataan kuat dari BOE dapat memecah tembok bullish dan menyeret pair tersebut di sepanjang area 1.5900. Tetapi, apabila BOE tak mengeluarkan pernyataan apapun, maka pair GBP/USD kemungkinan akan reli dengan baik dan mendorong pair tersebut ke angka 1.6400.

gbpusd


Bank Sentral Eropa (ECB)
Review Bulan Lalu
Sama seperti BOE, ECB pun memutuskan untuk tak mengubah tingkat suku bunganya. Namun, Presiden ECB Mario Draghi menyatakan bahwa tingkat suku bunga tersebut mungkin akan disesuaikan apabila outlook inflasi memburuk atau jika pergerakan pasar keuangan menjamin intervensi.

Ekspektasi Bulan Ini
Dengan rendahnya inflasi yang masih menggelayuti Zona Euro, sebagian analis memprediksikan pemotongan tingkat suku bunga kembali oleh ECB. Tetapi, para pelaku pasar tak serta merta setuju dengan ekspektasi analis tersebut. Mereka tak terburu-buru, karena menganggap bahwa masih ada kemungkinan ECB  akan mengambil alternatif lain untuk mendorong inflasi seperti program pelonggaran kuantitatif atau skema pendanaan-peminjaman (funding for lending).

Fokus Pair: EUR/JPY
EUR/JPY juga mendekati support 100 SMA seperti Cable. Pair tersebut diperdagangkan tepat dibawah garis, sehingga kemungkinan tak akan terlalu banyak mengurangi bearish. Namun, jika trader yang menginginkan bullish dan tindakan Draghi tak se-bearish pidatonya seperti yang diekspektasikan oleh pelaku pasar, maka kemungkinan akan terjadi pengujian kembali pada area 139.00.

EURJPY

Contact Me